Posted by: Deka | October 27, 2008

Setelah Dokter, Mau Kemana?

Banyak hal yang pengen gw posting ke dalam blog ini.

Yang ada dalam otak gw adalah tentang masa-masa kuliah, dosen-dosen killer, bagaimana menghadapi ujian kompetensi, tentang STR, tentang PPDS, tentang PTT, dan sebagainya.

Entah dari mana gw harus mulai? Namun karena ini masih termasuk posting2 awal, jadi gw pengen ngebahas yang sifatnya first step dulu, gw pengen berbagi tentang apa yang akan loe lakukan setelah loe lulus jadi dokter?

Setelah “dokter”, mau kemana???

Nggak sedikit mahasiswa-mahasiswa kedokteran yang masih bingung mau menjawab apa dengan pertanyaan ini. Bahkan para koas, yang notabene tinggal beberapa bulan lagi lulus menjadi dokter, pun masih bingung mau kemana mereka nanti setelah lulus jadi dokter. Hal itu terjadi pada diri saya dan teman-teman semasa kuliah dulu, hanya segelintir teman yang dengan yakinnya mengatakan, “gw mo langsung ambil spesialis aja”, atau “gw mo PNS donk, gw ada channel soalnya”, atau “gw mo bikin klinik gede, loe nebeng gw aja ntar”, wuih…pada muluk-muluk semuanya, yang pada akhirnya, semua keinginan itu ga terwujud dan berubah menjadi sesuatu yang ga penah terpikirkan sebelumnya.

Sebenarnya banyak pilihan setelah kita lulus jadi dokter nanti, justru karena banyaknya pilihan itulah makanya kita bingung mau pilih yang mana, kalo temen-temen gw bilang, “udahlah ga usah bingung-bingung, go with the flow aja…”. akhirnya memang “go with the flow”: terkatung-katung ga ada arah tujuan. Atau karena banyaknya pilihan, kita terpaksa harus memilih salah satu untuk sementara, sekedar ada pilihan kalo ditanya orang, atau memang benar-benar akan diminati pada akhirnya.

Well, semua bahasan di atas bukanlah suatu solusi, karena dalam hal ini, memang tidak ada solusinya, coz:

LIFE IS ABOUT CHOICES!!!

Hidup ini adalah pilihan, dan hidup ini seperti berjudi.

Loe dituntut untuk memilih sesuatu, dan loe ga akan pernah tau apa yang akan terjadi pada pilihan loe, sampai hal itu benar-benar terjadi pada akhirnya nanti, ya toh?

So, kalo loe memilih sesuatu dalam hidup loe, jangan pernah men-judge bahwa pilihan loe itu sudah benar, dan pilihan orang lain itu salah, cukup jalanin aja, nikmatin, bersyukur, dan cari pilihan lain jika memang ada yang lebih baik, simple kan?

Hehehe… (kok kayaknya ribet yah???)

Oke, kembali ke laptop!

Berikut adalah pilihan-pilihan yang berhasil gw survei dari teman-teman semasa kuliah dulu:

“Setelah dokter, mau kemana?”

1. Langsung ambil spesialis (60%)

Lebih dari setengah teman-teman kuliah dulu kalo ditanya mau kemana setelah lulus dokter, langsung menjawab untuk langsung sekolah lagi. Pilihan ini adalah yang paling favorit, mengingat hare gene masih dokter umum adalah hal yang udah ga zaman lagi, padahal hal itu ga benar, kalo mau buka mata dan telinga, banyak kok dokter umum yang pemasukannya ngelebihin dokter spesialis, asal dia tau caranya, nanti kita bahas lagi di posting berikutnya. Spesialis identik dengan ladang udang, ladang uang adalah suatu materi, dan materi adalah sesuatu yang selalu dikejar orang. Namun buat gw, spesialis adalah suatu kebanggaan dan sarana untuk menggeluti ilmu yang lebih gw minati, dalam hal ini adalah penyakit dalam, hehehe… (amin!). Tapi ga semudah itu juga buat loe untuk bisa ambil spesialis. Yang pertama harus loe punya adalah UANG. Dan untuk sekolah spesialis dari awal ampe akhir, loe harus siapin uang paling nggak 200 juta, dengan perhitungan masa sekolah loe adalah 4 tahun, dengan alokasi kasar tiap tahun adalah 50 juta, dan alokasi kasar tiap bulan adalah 4 juta, terkesan cukup kan? Tapi loe harus inget jg tentang uang masuk, uang pembangunan, uang SPP, uang fotocopy, uang buku, uang makan, uang kontrak rumah, uang ongkos, bla…bla…bla… Dengan kata lain, untuk amannya, loe harus punya pemasukan dulu, alias gaji bulanan, alias loe harus kerja dulu, kecuali loe punya ortu yang hartanya ga abis 7 keturunan baru loe bisa langsung masuk spesialis. Kalo loe ga punya itu, mending loe pikirin dulu tentang pilihan lain di bawah ini.

2. Cari kerja dulu (30%)

Kasarnya, kurang lebih sepertiga dari teman-teman kuliah gw dulu adalah orang-orang yang sederhana, kalo ga mau dibilang kurang mampu, termasuk gw, hehehe… Pada dasarnya, gw dulu berpikiran untuk bisa sekolah lagi tanpa harus membebankan orang tua lagi, gw pengen sekolah dengan biaya gw sendiri. Di sinilah tempatnya pilihan itu. Sebenernya ujung-ujungnya adalah sekolah lagi, tapi loe harus ngumpulin uang dulu alias nabung biar bisa sekolah lagi, di sini masalahnya cuma waktu, not a big deal guys. Kalo menurut gw pilihan ini lebih bijak, biar kata orangtua kita punya harta yang ga abis 7 turunan, but deep down inside here (sambil menunjuk ke dalam dada), kita udah cukup ngebebanin orangtua kita selama kuliah di kedokteran, lagian juga, umur segini gitu loh, di luar negeri sono udah ga pantes lagi minta-minta ma ortu kalo udah umur segini, ya kan bro?

Nah, di pilihan ini tersedia berbagai alternatif buat loe: yang paling banyak dilakukan dokter-dokter yang baru lulus adalah ngisi klinik 24 jam, karena rata-rata (OFF THE RECORD) buat jaga klinik 24 jam ga perlu pake STR, namun pemasukannya jg ga banyak, kalopun banyak, sesuai jg ama capeknya, hehehe…ngaku loe?! Pilihan lainnya adalah PTT, dengan PTT loe bisa dapet gajian bulanan, walopun ga seberapa, makanya kalo PTT jangan nanggung-nanggung, pilih yang sangat terpencil sekalian, biar dapet insentif. Ato pilih PTT jalur daerah kayak gw, biar gajinya di atas rata-rata, hehehe…

Selain PTT, loe bisa pilih jd PNS, dengan PNS loe bisa ngajuin beasiswa buat sekolah lagi. Kalo pengen gaji gede, loe bisa kontrak di RS-RS gede atau swasta. Kalo ga pengen terikat, loe bisa buka warung alias praktek kalo udah punya STR.

Kalo loe mau beasiswa langsung, ambil beasiswa dari TNI atau POLRI, sering-sering denger pengumuman di kampus loe, atau sering-sering buka intenet.

Nah, kalo loe males kerja atau ga mood dengan semua yang udah gw jabarin di atas, loe bisa ngikutin jejak teman-teman gw di bawah ini.

3. Lain-lain (10%)

Di sini adalah pilihan buat loe-loe yang pada males kerja atau males buat sekolah lagi setelah lulus jadi dokter nanti.

Salah satunya adalah “pengen istirahat dulu”. Ada beberapa teman yang menjawab pengen istirahat dulu setelah lulus jadi dokter, ga mau ngapa-ngapain dulu, pure istirahat. Mungkin ini adalah suatu bentuk “balas dendam” terhadap semua beban yang pernah didapat selama kuliah di kedokteran. Betapa besarnya beban kuliah di kedokteran sehingga harus dibutuhkan waktu untuk hibernasi setelah lulus. Well, bisa dimaklumi, masuk akal juga sebenarnya, asal ga “pengen istirahat selamanya” aja, hehehe…

Yang lainnya adalah “pengen kawin dulu”. Yang ini sebenernya adalah keinginan untuk setiap orang. Sekilas tampak wajar dan murni apa adanya. Namun setelah ditelusuri lebih dalam, ternyata ada maksud tersembunyi dari semua itu, hehehe… Hampir semua maksud yang tersembunyi itu disampaikan oleh teman-teman cewek gw: “gw pengen kawin dulu, cari suami yang kaya, biar bisa nyekolahin gw ambil spesialis, hehehe…”. Fiuh, enaknya jadi wanita. Nah, buat elo-elo yang cowok, mau jadi wanita juga???

Pilihan lainnya adalah “ga tau”, atau “ummmm…apa ya?”, atau “nyantai aja lagi, masih lama”, atau “tau ah”, atau “terserah ama yang Di Atas”, hehehe…

So, semuanya kembali pada loe, loe yang pilih, loe yang jalanin…

Wish you a VERY GOOD LUCK!

CHIEF OF THE BLOG: Saya berharap saya bisa berbagi tentang pilihan untuk menjadi dokter PTT lebih detail lagi. Karena pilihan untuk PTT terlebih dahulu adalah pilihan saya sebelum saya bisa sekolah lagi. Doakan saya bisa sekolah lagi untuk menjadi seorang internist. Selanjutnya akan saya posting tentang Pilihan Menjadi Dokter PTT berdasarkan pengalaman saya dan pengalaman sejawat-sejawat lain. Semoga bermanfaat.


Leave a comment

Categories