Posted by: Deka | October 28, 2008

Bad Day: Mengurus SKCK

Today is a bad day!

Tadi pagi gw ke Poltabes Palembang dengan maksud untuk mengurus SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian, klo dulu Surat Keterangan Berkelakuan Baik, RED), untuk keperluan something, hehehe… Pagi2 jam 9 gw udah sampe di Poltabes. Bingung. Ga tau harus mulai dari mana: kanan? kiri? depan? or belakang? Untungnya gw punya feeling yang oke, gw ikutin aja kemana orang-orang paling banyak ngumpul (itu sih bukan feeling namanya! ehe…), dan bener aja ternyata orang-orang lagi pada ngurusin SKCK. Rame bgt. Udah ada kesan ribet. Akhirnya gw masuk di antara kerumunan orang dalam suatu ruangan. Banyak orang lagi duduk di kursi berjejer dengan rapinya, gw ga perlu lagi nanya apa yang sedang mereka tunggu, di muka mereka seolah-olah udah tercermin kata-kata: “ngapain lo liat-liat? gw udah bete sejam nunggu disini ga selesai2 urusannya!“, hehehe… Yah, mereka lagi nunggu SKCK mereka selesai. Gw bingung harus nanya ama siapa. Setiap orang tampak sibuk dengan urusannya masing-masing dan tampak tidak bisa diganggu. Akhirnya gw nanya langsung ama petugas di dalam loket yang wajahnya tampak paling ramah.

Pak, kalo mau ngurus SKCK gimana ya caranya?”

Bapak yang mukanya tampak ramah: “Oh, silahkan ambil blangko dulu di depan, kemudian dilengkapi. Tapi terlebih dahulu harus minta Surat Pengantar dari Polsek tempat Saudara tinggal“. syaratnya pakai fotokopi KTP sama pas foto 3×4 2 lembar”.

Oh, harus minta Surat Pengantar dari Polsek dulu ya Pak? Ummm…Ya sudah, makasih ya Pak”.

Oke, it’s not a big deal, tinggal dateng aja ke polsek deket rumah gw, lagian juga jaraknya ga begitu jauh dari Poltabes. Akhirnya tibalah gw di Polsek yang terdekat dengan rumah gw itu. Sepi. Seperti tidak ada tanda-tanda kehidupan, padahal baru jam 11 siang, belum waktunya untuk makan siang. Yauda langsung aja gw bertanya ke bagian pelayanan, dan ternyata tempat untuk minta surat pengantarnya adalah di Loket Intel. Gw buka pintunya. Dan ternyata pertugasnya hanya 1 orang: ibu-ibu.

“Permisi, Bu. Saya mau minta surat pengantar untuk membuat SKCK di Poltabes…”

Ibu-ibu petugas: “Oh, iya, bisa. Tapi sebelumnya kamu harus minta Surat Pengantar dari Kelurahan kamu dulu. Nanti setelah dari kelurahan baru kamu ke sini lagi. Syaratnya fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, ama pas foto 3×4 2 lembar”.

“Egh, jd harus ke kelurahan dulu ya Bu? Ummm…yauda deh, saya ke kelurahan dulu ya Bu. Permisi…”

Ya, ya, ya. Gw emang pernah denger dari orang kalo ternyata buat SKCK itu harus pake surat pengantar dulu dari kelurahan, TAPI gw cuma pengen iseng2 aja nyoba, MUNGKIN sudah ada KEMUDAHAN atau “JALUR LAIN”
agar kita bisa lebih mudah dan cepat dalam mengurus SKCK, tapi ternyata TIDAK.

Terpaksa gw harus pulang dulu ke rumah untuk makan siang dan mempersiapkan semua syarat2 yang diperlukan. Gw udah siapin fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, ama pas foto, lengkap sesuai dengan yang disebutin oleh Bapak dan Ibu tadi. Akhirnya tepat jam 1 siang gw pergi ke kelurahan.

Sampai di kelurahan, tampak pegawai2 kelurahan sedang bercengkerama, seperti sedang tidak ada yang dikerjakan, tampak tidak ada tamu, semuanya pegawai. Ada seorang Bapak yang duduk paling dekat dengan pintu masuk, dan selebihnya adalah ibu-ibu yang duduk di meja kerjanya masing-masing. Akhirnya gw memutuskan untuk bertanya dengan Bapak yang paling dekat dengan pintu masuk itu.

“Permisi Pak. Selamat siang. Tadi saya ke Poltabes untuk mengurus SKCK. Kemudian saya diminta untuk membuat surat pengantar dari Polsek setempat. Setelah dari Polsek saya diminta untuk ke kelurahan untuk membuat surat pengantar juga (ribet…). Gimana ya, Pak?”

Bapak yang duduk paling dekat dengan pintu: “Surat Pengantar? Oh, iya…”

Tiba-tiba…

Seorang ibu yang duduk di sudut paling jauh (tampak memiliki jabatan di kelurahan) di ruangan itu nyeletuk: “Ada perlu apa?”

“Mau minta surat pengantar ke Polsek, Bu. Mau bikin SKCK di Poltabes”.

Ibu-ibu yang duduk di sudut paling jauh: “Oh, dari RT mana?”

“RT???”

Gw juga ga tau gw persisnya dari RT mana. Akhirnya gw buka dompet dan liat KTP.

“RT 21, Bu”.

Ibu-ibu yang duduk di sudut paling jauh: “Sudah punya Surat Pengantar dari RT?”

“Surat pengantar dari RT????!!!!!”

Kali ini nada gw agak gimanaaa gitu. Gw langsung down. Ilfil. Mood gw langsung lenyap saat itu juga.

“Surat pengantar dari RT gimana, Bu?”

Ibu-ibu yang duduk di sudut paling jauh: “Iya. Kamu harus minta dulu surat pengantar dari RT. Setelah itu baru kamu kesini lagi. Nanti kamu bawa fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP, pasfoto 3×4 2 lembar, sama Surat Tanda Lunas PBB“.

“Surat Tanda Lunas PBB???????????”

Ya ampuuuun. Apa lagi sih pikir gw. Kenapa juga harus pake surat tanda lunas PBB, apa hubungannya coba. Gw di sini tinggal numpang ama sodara gw, tentunya gw ga ngerti apa2 soal PBB. Lagian juga kalo siang sodara-sodara gw pada pergi semua, kemana gw harus nanya soal surat tanda lunas PBB itu. Lagian juga seinget gw, sodara gw pernah bilang kalo Pak RT di kampung gw itu kerja di BUMN, dan tau sendiri lah kalo kerja di BUMN, pasti pulangnya sore, atau bahkan malam, ya toh? God, gw langsung lemes, langsung males ngelanjutin buat ngurus kayak beginian.

Ibu-ibu yang duduk di sudut paling jauh: “Iya, surat tanda lunas PBB. Kalo belum punya atau belum lunas ya gampang lah. Nanti kamu bisa ngelunasin PBBnya di sini, tinggal bayar di loket sebelah.”

“Bayar PBB???”

Ya, kali ini berubah jadi bayar PBB. Sip, sempurna lah sudah keinginan gw buat mengakhiri semua ini. Waktu menunjukkan pukul 2 siang. Akhirnya gw memutuskan untuk menyudahi urusan ini.

“Ya sdh, Bu. Saya permisi dulu. Terima kasih.”

Sampai di rmh. Keringetan. Capek: lahir, batin. Berpikir: gw memaklumi bahwa ini semua memang prosedur, ya, PROSEDUR! Tapi apakah tidak ada prosedur yang lebih simpel. Kenapa begitu banyak surat pengantar yang harus gw urus untuk sebuah SKCK, keperluannya apa? Kalau untuk konfirmasi bahwa kita memang benar warga yang berkelakuan baik, apa ga cukup 1 surat pengantar saja? Dari RT saja misalnya? Atau cukup dari kelurahan saja? Kalau alasannya biar lebih valid, sekalian aja dari RT minta lagi surat pengantar dari Kepala Keluarga atau dari teman terdekat, daripada nanggung. Gw juga mikir gimana tmn2 gw yang cuma anak kost, yang selalu pindah2, KTP pun ga punya, apalagi PBB.

Entahlah. Mungkin ini cuma uneg2 gw aja karena gw udah capek bolak-balik ga ada hasil. Gw bisa memaklumi sebenarnya, karena gw kerja di Rumah Sakit, gw tau bahwa mengurus surat Askin untuk warga yang kurang mampu lebih ribet lagi dari sekedar mengurus SKCK. Ya, mau-ga-mau memang harus diikutin prosedurnya. Tp mood gw udah terlanjur ngerusak segalanya.

Gw berpikir: kalo gw lanjutin…

  • Gw harus ke rmh Pak RT malem2, iya kalo dia udah pulang, kalo blm?
  • Trus surat PBB gw gimana? Siapa yang nyimpennya di rmh? Apa udah lunas? Kalo blm lunas, gimana?
  • Besok ke kelurahan, pasti gw keluar duit buat bikin surat pengantarnya.
  • Sampe di polsek pun pasti keluar duit juga.
  • Ke poltabes pasti besok sore, dan kalo sore ga mungkin langsung selesai saat itu juga, pasti selesainya besoknya lagi. Dan pastinya juga keluar duit lagi buat di poltabes.

Tok, tok, tok! (bunyi hakim mengetuk palu): SELESAI! Gw memutuskan untuk SELESAI!

“Kasihku…sampai di sini…kisah kita…jangan tangisi…keadaannya…” (loh kok???)

Yah, selesailah sudah, gw memutuskan untuk tidak melanjutkan mengurus SKCK lagi.

Namun, ternyata, ceritanya berlanjut, surprise!!! hehehe…

Berhubung gw udah capek ngetik, ceritanya gw lanjutin lagi di posting yang berikutnya.

Salam.

CHIEF OF THE BLOG: Semua bentuk ucapan dan kata-kata dalam posting ini TIDAK DIMAKSUDKAN untuk menjatuhkan atau menjelekkan suatu instansi atau individu. Semua hanya suatu bentuk perasaan pribadi yang cukup ditanggapi dengan perasaan juga. Terima kasih.


Leave a comment

Categories